Siapa Yang Lebih Unggul Dalam Terjemahan Hukum: Ahli Bahasa Independen atau Agensi Terjemahan?

 

Terjemahan hukum adalah inti komunikasi multibahasa karena memungkinkan masyarakat, bisnis, lembaga hukum dan lembaga pemerintah untuk berkomunikasi terlepas meskipun ada perbedaan bahasa dan budaya, di dalam dan di luar perbatasan negara.

Kita semua menyadari meningkatnya arti penting terjemahan kualitatif, terutama di bidang hukum. Kesalahan penerjemahan dokumen hukum dapat menimbulkan kesalahpahaman dan frustasi; belum lagi diikuti dengan penundaan dan biaya yang lebih tinggi.

Keahlian hukum

Terjemahan hukum adalah bidang penerjemahan khusus yang memerlukan pengetahuan menyeluruh tentang sistem hukum bahasa sumber dan bahasa sasaran. Susunan kata yang digunakan dalam kerangka kerja jenis dokumen ini sangat akurat dan dalam keadaan apapun tidak boleh ambigu. Selain itu, ahli bahasa profesional yang berwenang atas terjemahan hukum membutuhkan keahlian penyusunan dokumen hukum yang kuat.

Mempertimbangkan semua persyaratan ini, agensi terjemahan profesional mungkin memiliki pilihan yang lebih baik daripada penerjemah independen, karena agensi tersebut biasanya memiliki akses ke basis data penerjemah ahli yang lengkap. Akte perkawinan berbeda dari kasus pidana, yang berbeda dari negosiasi perusahaan; oleh karenanya keahlian yang berbeda dibutuhkan untuk penerjemahan masing-masing dokumen tersebut secara akurat. Menemukan penerjemah independen yang cocok dengan semua jenis dokumen hukum tersebut merupakan kegiatan yang sangat menyita waktu dan sulit. Sebaliknya, mengandalkan jasa agensi terjemahan terbukti lebih efisien, karena agensi terjemahan dapat lebih mudah mencocokkan kebutuhan klien dengan keahlian dan pengalaman hukum lebih banyak penerjemah dan memberikan dokumen akhirnya 100% akurat.

Keamanan informasi

Dalam hal dokumen yang sangat penting, agensi terjemahan dapat mengatur seluruh tim penerjemah untuk ditugaskan memberikan jasa terjemahan, sehingga tidak satupun dari ahli bahasa tersebut mengetahui keseluruhan dokumen. Hal ini merupakan langkah dasar yang diambil perusahaan terjemahan untuk memberikan standar keamanan. Tidak hanya itu, namun ketika suatu tim penerjemah mengerjakan dokumen yang sama, dokumen tersebut akan selesai lebih cepat. Dapatkah penerjemah independen melakukan ini semua? Hal itu diragukan.